Rabu, 26 September 2012

DEMENSIA ALZHEIMER


Demensia Alzheimer adalah salah satu bentuk demensia akibat degenerasi (kemunduran) otak atau karena berkurangnya massa otak dan kematian sel-sel otak akibat proses penuaan..Demensia ini dikenal  sebagai pikun,,yaitu kemunduran intelektual berat dan progresif yang mengganggu fungsi sosial,,pekerjaan,,dan aktifitas sehari-hari..

Demensia Alzheimer menyerang orang berusia lanjut (diatas 65 tahun)..Tingkat terjangkitnya penyakit yang selalu menyerang para lansia ini memiliki rasio 1:10..pada kelompok usia 80 tahun rasionya lebih besar 1:4..
Faktor penyebab Penyakit Alzheimer antara lain proses degenerasi otak akibat keracunan,,gizi buruk,,penggunaan alkohol,,stress dan depresi,,serta penggunaan obat anti depresi,,obat tidur,,obat herbal,,dan obat bebas berlebihan.. Penyakit Alzheimer dapat juga disebabkan oleh faktor keturunan genetis..Jika orang tua atau generasi sebelumnya pernah menderita penyakit ini,,maka kemungkinan besar penyakit ini akan menurun ke generasi selanjutnya..
Terapi medis untuk Penyakit Alzheimer ada dua,,yaitu Terapi Farmakologis (obat-obatan) dan Terapi Non Farmakologis..Terapi Non Farmakologis memerlukan interverensi pasien sendiri,,pengasuh,,dan lingkungan..Terapi Non Farmakologis bertujuan untuk mempertahankan fungsi kognitif yang masih ada berupa berbagai macam program aktifitas yang dapat diberikan,,antara lain terapi relaksasi dan latihan fisik untuk menyehatkan kerja otak,,serta senam otak..

(Disarikan dari Solo Pos,,25 Juli 2004)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar